POJOK INFORMASI
SURVEY LAYANAN
Apakah Anda merasa puas dengan pelayanan KPPN Surabaya 2?
  

nilai

Sosialisasi20januari2016

BIMBINGAN TEKNIS PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN DAN PENERIMAAN NEGARA MELALUI MPN G2

Akhir Tahun Anggaran 2015 telah dilewati dengan baik. Kini saatnya bagi satuan kerja untuk menyusun Laporan Keuangan tahun 2015. Untuk itu KPPN Surabaya II menyelenggarakan Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Keuangan dan Penerimaan Negara melalui MPN G2.

Acara tersebut diadakan pada hari Rabu, 20 Januari 2015 bertempat di aula Gedung Keuangan Negara Surabaya II Jalan Dinoyo 111 lantai 4. Adapun yang diundang adalah seluruh satker mitra kerja KPPN Surabaya II.

Acara dibuka oleh Kepala KPPN, ibu Arvi Risnawati. Dalam sambutannya Ibu Arvi menyampaikan bahwa untuk tahun 2015 basis akuntansi yang dipakai dalam penyusunan laporan keuangan adalah berbasis akrual. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang masih berbasis kas. Diingatkan akan pentingnya laporan keuangan tingkat satker yang handal dan akurat karena kualitas di tingkat satker akan menentukan kualitas laporan di tingkat yang lebih tinggi pada kementerian masing-masing.

Sesi selanjutnya adalah telaah laporan keuangan yang disampaikan Kepala Seksi Verifikasi dan Akuntansi bapak Lili Casmali. Beliau berharap opini BPK atas laporan keuangan tetap dapat dipertahankan. Yaitu tetap WDP. Bapak Lili juga mengucapkan terima kasih kepada para bendahara satuan kerja atas kerjasamanya, karena pada hari itu ( 20-01-2016)  UP/TUP dari seluruh satker sudah dipertanggungjawabkan semua(nihil).

Materi berikutnya oleh Kepala Seksi Bank/Giro Pos Bapak Erwin, menyampaikan materi MPN G2. Dalam materinya Bapak erwin menginformasikan bahwa hingga saat ini satker yang sudah terdaftar dan menggunakan MPN G2 kurang lebih 50 persen dari keseluruhan jumlah satuan kerja (177).  Saat ini beberapa Bank Persepsi masih melayani penyetoran melaluli MPN G1. Diharapkan semua satker segera menggunakan  MPN G2 karena pada 1 Juli 2016 seluruh Bank Persepsi akan menggunakan MPN G2.

Mengakhiri acara tesebut diadakan cerdas cermat antar satker. Acara yang dipandu oleh moderator Ibu Hermina membuat suasana semakin segar dan menarik. Tiga tim beranggotakan tiga orang dari berbagai satuan kerja saling mengadu kemampuan menjawab soal-soal cerdas cermat yang diberikan oleh moderator. Beberapa jawaban dari peserta yang lucu dan aneh  membuat para hadirin tertawa. Akhirnya terpilih  dalam acara tersebut untuk juara satu, dua, dan tiga. Piagam penghargaan disampaikan oleh Kepala KPPN Surabaya II Ibu Arvi Risnawati.

PERATURAN
  • S-4459/PB/2013
    tentang Penjelasan lebih lanjut penggunaan akun perjalanan dinas berdasarkan Surat Menkeu No. S-2056/MK.5/2013
  • PER-58/PB/2013
    tentang Pengelolaan data Supplier dan Data Kontrak Dalam SPAN
  • PMK-190/PMK05/2012
    tentang Tata cara pembayaran dalam rangka pelaksanaan APBN
  • PER-81/PB/2011
    tentang Tata cara pengesahan Hibah Langsung bentuj uang dan penyampaian memo pencatatan hibah langsung bentuk barang/jasa/surat berharga
  • PER-16/PB/2014
    tentang Tata cara koreksi data transaksi keuangan pada SPAN
  • PER-40/PB/2016
    tentang Perubahan Ketiga PER-57/PB/2010 tentang Tata Cara Penerbitan SPM dan SP2D
  • S-8782/PB/2016
    tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Anggaran atas Perubahan Pagu akibat Revisi Penghematan (Self Blocking)
  • PER-44/PB/2016
    tentang Pedoman Pelaksanaan Penerimaan dan Pengeluaran Negara Pada Akhir Tahun Anggaran 2016
APLIKASI