POJOK INFORMASI
SURVEY LAYANAN
Apakah Anda merasa puas dengan pelayanan KPPN Surabaya 2?
  

nilai

Laporan Keuangan

LAPORAN KEUANGAN JUGA PENTING

 

Pelaksanaan APBN yang baik dan benar tidak melulu soal bagaimana mencairkan dana melalui SPM saja. Memang sebagian besar bendahara memberi perhatian lebih pada proses pencairan dana. Mulai dari perencanaan kas, teknis aplikasi hingga berbagai peraturan yang terkait. Namun ada pula sisi lain pelaksanaan APBN yang tak kalah penting, yaitu penyusunan laporan keuangan. Setelah dana APBN dicairkan kepada yang berhak, tentu proses selanjutnya adalah bagaimana mempertanggunggjawabkan dan menyajikannya dalam sebuah laporan keuangan.

 

Untuk itulah KPPN Surabaya II bekerjasama dengan Balai Diklat Keuangan Malang menyelenggarakan Sosialisasi Persiapan Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga. Acara ini diadakan pada hari Senin, 30 November 2015 bertempat di Aula Gedung Keuangan Negara Surabaya II lantai 7. Adapun yang diundang adalah seluruh satuan kerja mitra KPPN Surabaya II

Acara diawali dengan sambutan dan pembukaan oleh Kepala KPPN Surabaya II, Ibu Arvi Risnawati. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa untuk tahun 2015 ini laporan keuangan disajikan berbasis akrual yang merupakan hal baru. Diharapkan laporan keuangan yang berbasis akrual ini ketika dinilai oleh BPK nantinya dapat mempertahankan opini BPK, mendapat opini WDP.

Materi selanjutnya adalah pemaparan persiapan penyusunan laporan keuangan yang disampaikan oleh Kepala Seksi Verifikasi dan Akuntansi KPPN Surabaya II, Bapak Lili Casmali. Kemudian dilanjutkan dengan materi Telaah laporan keuangan oleh CSO KPPN Surabaya II.

Sedangkan narasumber dari Balai Diklat Keuangan Malang, Bapak Ahmad Subhan, yang memaparkan materi “Management Contract”. Bapak Ahmad Subhan menyampaikan poin-poin penting dalam melakukan perikatan atau kontrak dengan pihak ketiga. Disebutkan pula contoh-contoh kasus problematika pelaksanaan kontrak

Suasana semakin hangat ketika sesi tanya jawab dibuka. Satuan kerja mengajukan beberapa pertanyaan kepada narasumber. Ada pula bendahara yang menyampaikan uneg-uneg mengenai kesulitan yang dialaminya ketika menyusun laporan keuangan.

Dalam acara tersebut disampaikan pula penghargaan kepada satuan kerja yang dinilai memilikiki kinerja memuaskan dalam penyampaian rekonsiliasi dan LPJ secara benar dan tepat waktu. Untuk rekonsiliasi adalah Dinas Perdagangan dan Perdagangan Jatim (059113) dan Stasiun Meteorologi Perak I Surabaya (436885). Sedangkan untuk LPJ adalah Pengadilan Agama Surabaya (401240) dan Rorena Polda Jatim (678626).


 

Hafiiz

 

PERATURAN
  • S-4459/PB/2013
    tentang Penjelasan lebih lanjut penggunaan akun perjalanan dinas berdasarkan Surat Menkeu No. S-2056/MK.5/2013
  • PER-58/PB/2013
    tentang Pengelolaan data Supplier dan Data Kontrak Dalam SPAN
  • PMK-190/PMK05/2012
    tentang Tata cara pembayaran dalam rangka pelaksanaan APBN
  • PER-81/PB/2011
    tentang Tata cara pengesahan Hibah Langsung bentuj uang dan penyampaian memo pencatatan hibah langsung bentuk barang/jasa/surat berharga
  • PER-16/PB/2014
    tentang Tata cara koreksi data transaksi keuangan pada SPAN
  • PER-40/PB/2016
    tentang Perubahan Ketiga PER-57/PB/2010 tentang Tata Cara Penerbitan SPM dan SP2D
  • S-8782/PB/2016
    tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Anggaran atas Perubahan Pagu akibat Revisi Penghematan (Self Blocking)
  • PER-44/PB/2016
    tentang Pedoman Pelaksanaan Penerimaan dan Pengeluaran Negara Pada Akhir Tahun Anggaran 2016
APLIKASI