POJOK INFORMASI
SURVEY LAYANAN
Apakah Anda merasa puas dengan pelayanan KPPN Surabaya 2?
  

nilai

PENYAMPAIAN REKONSILIASI MELALUI EMAIL

PENYAMPAIAN ADK REKONSILIASI MELALUI SURAT ELEKTRONIK (EMAIL)

 

Dalam rangka penyusunan Laporan Keuangan yang akurat dan akuntabel, perlu dilaksakan rekonsiliasi data antara data KPPN/SPAN dengan data Satuan Kerja.

Proses rekonsiliasi ini dilaksanakan setiap bulan. Sesuai dengan surat Direktur Akuntansi dan Pelaporan Keuangan nomor S-2530/P. 6/2015 tanggal 30 Maret 2015 tentang Pelaksanaan Rekonsiliasi Eksternal Tingkat KPPN Tahun Anggaran 2015, rekonsiliasi dilaksanakan paling lambat tanggal 10 bulan berikutnya.

Satker menggunakan aplikasi SAIBA untuk menghasilkan ADK yg dikirim ke KPPN. Selanjutnya ADK dari satuan kerja akan diunggah oleh KPPN ke sistem SPAN , dan akan dilakukan rekonsiliasi dengan data SPAN.

Dalam rangka menyampaikan ADK rekonsiliasi ke KPPN, satuan kerja dapat datang langsung ke KPPN atau mengirim ADK melalui surat elektronik/email. Adapun alamat email kppnsby2@gmail.com

Untuk lancarnya komunikasi email, dapat dilihat tip-tips berikut ini :

1.         Email dengan judul baru

Ketika mengirim file untuk rekon pertama kali, harap disampaikan melalui email dengan judul/subjek yg baru. Hindari melakukan reply / membalas email kiriman dari KPPN bulan yg lalu.

2.         Identitas

Satuan kerja dimohon mencantumkan identitas/nama satuan kerja  setiap kali mengirim email ke KPPN. Kami sering mendapat email tanpa subjek/judul, tanpa keterangan apapun, hanya berisi file ADK rekon saja. Hal ini memperlambat  petugas rekonsiliasi KPPN untuk mengidentifikasi satuan kerja dari manakah yg mengirim email tersebut.

3.         Keterangan email

Isilah  judul/subjek email sesuai maksud  email dengan singkat dan jelas. Misal : Rekon April Kementerian Agama. Untuk  isi email bisa diisi dengan keterangan tambahan lain yang dirasa perlu, seperti kode satuan kerja, jumlah satker yang direkon, keterangan perbaikan dan lain-lain.

4.         Alamat/akun email aktif

Gunakan alamat/akun email yg aktif dan dipakai dalam sehari-hari. Karena KPPN akan mengirim email balasan atau mengirim pemberitahuan melalui email.

5.         Alamat/akun email tetap

Hendaknya email yg digunakan tetap untuk rekon bulan-bulan berikutnya. Apabila ada perubahan atau menggunakan alamat email lain harap diberitahukan  kepada kami. Supaya menghindari salah kirim email.

 

Demikian kiranya tip-tips rekonsiliasi melalui surat elektronik. Kami harapkan rekon email mempermudah satuan kerja dalam melakukan rekonsiliasi.

penulis

 

Hafiz

PERATURAN
  • S-4459/PB/2013
    tentang Penjelasan lebih lanjut penggunaan akun perjalanan dinas berdasarkan Surat Menkeu No. S-2056/MK.5/2013
  • PER-58/PB/2013
    tentang Pengelolaan data Supplier dan Data Kontrak Dalam SPAN
  • PMK-190/PMK05/2012
    tentang Tata cara pembayaran dalam rangka pelaksanaan APBN
  • PER-81/PB/2011
    tentang Tata cara pengesahan Hibah Langsung bentuj uang dan penyampaian memo pencatatan hibah langsung bentuk barang/jasa/surat berharga
  • PER-16/PB/2014
    tentang Tata cara koreksi data transaksi keuangan pada SPAN
  • PER-40/PB/2016
    tentang Perubahan Ketiga PER-57/PB/2010 tentang Tata Cara Penerbitan SPM dan SP2D
  • S-8782/PB/2016
    tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Anggaran atas Perubahan Pagu akibat Revisi Penghematan (Self Blocking)
  • PER-44/PB/2016
    tentang Pedoman Pelaksanaan Penerimaan dan Pengeluaran Negara Pada Akhir Tahun Anggaran 2016
APLIKASI